Hitung gaji masih menggunakan cara manual ?

Masalah yang dihadapi oleh setiap perusahaan dalam hal penggajian, sepanjang pengetahuan kami, adalah unik. Sehingga sebenarnya hanya perusahaan itu sendiri yang tahu tentang masalah yang dihadapinya. Tapi berdasarkan pengalaman kami, ada beberapa hal yang menjadi masalah klasik yang dihadapi oleh perusahaan dalam hal penggajian, antara lain :

Banyaknya komponen penggajian
Banyaknya komponen penggajian seperti tunjangan dan potongan, belum lagi perhitungan lembur dan pajak, mengakibatkan perhitungan penggajian menjadi lama. Sekali pun hal ini sudah bisa diatasi dengan menggunakan aplikasi spread sheet semacam Microsoft Excel, keterbatasan dalam pemrograman Microsoft Excel kerap menjadi kendala.

Kesulitan menghitung kehadiran
Dengan menggunakan berbagai sistem absensi saja, maka menghitung kehadiran, jumlah jam kerja, jumlah lembur menjadi pekerjaan yang rutin, menghabiskan banyak tenaga, menghabiskan banyak waktu dan rentan kesalahan. Padahal perhitungan kehadiran ini kerap menjadi dasar bagi penggajian. Akibatnya perhitungan penggajian pun akan ‘molor’ karena mengunggu perhitungan kehadiran.

Banyaknya kebijakan
Pada perusahaan yang sudah maju, sangat wajar bila terdapat kebijakan yang berbeda-beda untuk pegawai pada jenjang karir yang berbeda. Perbedaan kebijakan ini terkadang menjadi terlalu banyak untuk dapat diatasi oleh bagian penggajian. Akibatnya lagi-lagi perhatian yang berlebih harus dicurahkan untuk memastikan bahwa orang yang tepat telah dihitung gajinya berdasarkan kebijakan yang tepat pula.

Tinggalkan Pesan

© 2018 Valudata Komputindo | ScrollMe by AccessPress Themes